Minggu, 25 Desember 2011

PROSES MANAJEMEN PEMASARAN

Tugas – tugas manajemen pemasaran
Tugas manajemen pemasaran bukanlah hanya sekedar menawarkan barang sesuai dengan keinginan perusahaan. Tetapi juga menyangkut hal yang lebih luas dari itu. Menurut Radiosunu ( 1983 : 4 ) tugas pokok manajemen pemasaran adalah mengatur tingkat, saat ( timing ), dan sifat permintaan dengan cara yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya atau dengan kata lain manajemen pemasaran adalah demand management.

Tugas Pemasaran 
Sumber : Kotler p., Marketing Management: Analysis Planning, Implementation, and Control, 8ᵗʰ ed, ( 1994 : 14-15 )

CONTOH TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN
Convesional Marketing
                        Convensional Marketing merupakan sebuah tugas dari manajemen pemasaran untuk mengatasi permintaan pasar yang negative, yaitu kondisi dari segmen pasar potensial tidak menyukai barang atau jasa yang di tawarkan.
Simulation Marketing
                        Simulation Marketing adalah tugas dari manajemen pemasaran yang bertujuan untuk merubah situasi tidak ada permintaan menjadi situasi permintaan yang positif.
Developmental Marketing
                        Developmental Marketing adalah usaha pemasaran untuk member kesempatan kepada marketing innovator agar mengembangkan produk baru yang dinantikan oleh konsumen.
Permintaan Laten
                        Permintaan Laten merupakan permintaan konsumen terhadap sebuah barang yang memiliki hal-hal yang luar biasadari keadaan barang serupa yang sudah ada.
Remarketing
Remarketing merupakan sebuah keadaan pasar yang mengalami penurunan permintaan. Hal ini biasa terjadi pada sebuah produk yang sudah sekian lama bermain di segmen pasar yang di gelutinya. Ketika konsumen sudah mengalami kejenuhan terhadap produk itu, maka diperlukan strategi khusus untuk memulihkan permintaan produk tersebut oleh konsumen. Hal ini dinamakan dengan remarketing.

 PROSES MANAJEMEN PEMASARAN

Proses pemasaran terdiri atas analisis peluang-peluang pasar, penelitian, dan pemilihan pasar sasaran, pengembangan strategi pasar, perencanaan program pemasaran, pengorganisasian, dan pelaksanaan serta pengendalian upaya pemasaran.

Berikut proses pemasaran secara sistematis :

1. Analisis peluang pasar
Analisis lingkungan pemasaran penting sekali untuk meraih peluang-peluang dari setiap perubahan-perubahan yang terjadi.

2. Meneliti dan memilih pasar sasaran dan upaya memposisikan pasar
Kisi-kisi produk atau pasar harus dapat diperkirakan dari masing-masing kelompok pasar sasaran. Selain itu perusahaan harus dapat mengembangkan strategi penempatan (positioning strategis) pada pasar sasarannya.

3. Mengembangkan strategi pemasaran
Perusahaan harus mengembangkan suatu perbedaan-perbedaan dan strategi penempatan pada pasar sasarannya. Perusahaan harus mampu memberikan keistimewaan-keistimewaan yang lain dari pesaingnya dan mampu memenuhi keinginan para pelanggan. Perusahaan harus mampu mengembangkan sebuah peta kedudukan produknya, agar menduduki posisi yang lebih baik dari pesaing-pesaingnya.

4. Perencanaan program pemasaran
Strategi pemasaran terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.
5. Pengorganisasian , pelaksanaan, dan upaya pengendalian pemasaran
Pengorganisasian berarti membentuk struktur, personalia pemasaran, dan menetapkan tugas secara jelas serta terkoordinir. Selain itu bagaimana personalia iti dilatih, diarahkan, domotivasi, dievaluasi.
Manajer perusahaan juga menganalisa secara berkala profitabilitas nyata dari berbagai produk, kelompok pelanggan, saluran distribusi, dan besar pesanan.

STRATEGI PEMASARAN

                        Stategi pemasaran adalah wujud rencana yang terarah di bidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Strategi pemasaran mengandung dua factor yang terpisah tetapi berhubungan dengan erat yakni :
a.     Pasar target / sasaran, yaitu suatu kelompok konsumen yang homogen, yang merupakan “sasaran” perusahaan.
b.     Bauran pemasaran ( marketing miz ), yaitu variable – variable pemasaran yang dapat di kontro, yang akan dikombinasikan oleh perusahaan untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Kedua factor ini berhubungan erat. Pasar sasaran merupakan suatu sasaran yang akan di tuju, sedangkan bauran merupakan alat untuk menuju sasaran tersebut.
Strategi pemasaran mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran. Diantaranya adalah :
a.     Strategi dalam persaingan
b.     Strategi produk
c.      Strategi “ Daur Hidup Pokok”, dan sebagainya.
Dalam persaingan, diperlukan suatu kejelasaan apakah perusahaan akan menempatkan dirinya sebagai pemimpin, sebagai penantang ataukah pengikut. Perlu pula ketegasan langkah yang yang harus dilaksanakan sesuai dengan sifat dan bentuk pasar yang di hadapi. Langkah yang dilakukan dalam menghadapi pasar yang bersifat monopoli, tentu berbeda dengan langkah untuk pasar yang bersifat oligopoly. Berbeda pula untuk pasar yang bersifat persaingan sempurna.
Dalam strategi produk, terkadang banyak unsur yang berkaitan dengan produk yang dihasilkan. Mulai dari desain, warna, bentuk, pembungkusan, dan berbagai sifat fisik produk lainnya. Segala sesuatu yang berkenaan dengan produk merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran, agar dapat di yakinkan bahwa produk yang dihasilkan adalah produk yang betul – betul dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
Strategi pemasaran perlu mempertimbangkan apa yang di sebut daur kehidupan produk ( product life cycle ) adalah tahap-tahap yang dilalui oleh suatu barang atau jasa sejak ia mulai di perkenalkan di pasar hingga ia lenyap dari pasar tersebut.

Proses Pengembangan Strategi Pemasaran

Proses pengembangan strategi pemasaran terdiri dari :
  1. 1.    Manajemen Pemasaran strategik
  2. 2.    Strategi Pemasaran
  3. 3.   Taktik Pemasaran





1 komentar:

  1. Setiap orang tentu mendambakan rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan, untuk mendapatkan itu semua tidak harus dengan yang mewah, sederhana namun pas dihati itu akan lebih menyenangkan. Tentu tidak harus mahal juga karena dengan budget minim pun rumah yang aman, nyaman, asri, adem, dan tidak pernah ketinggalan trend bisa diwujudkan.

    Info seputar biaya membangun rumah murah yang berkelas silahkan baca disini:
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    rumah kampung
    minyak bulus
    jual jam tangan

    BalasHapus