Senin, 02 Juni 2014

Resensi Novel Lemon Tea Candy

1.      Identitas Buku.
             


Judul Buku / Novel     : Lemon Tea Candy.
Penulis                         : Nunu Gie
Penyunting                  : Ang Tek Khun
Penterjemah                :                -     
Penerbut                      : Gradien Mediatama
Tahun Terbit                : 2012
Genre                          : Fiksi
Tebal Buku                  : 204
Harga Buku                 : Rp. 31.000
2.      Latar Belakang Pengarang.
Nugraha Gie atau lebih kerap di sapa Nunu Gie lahir di kota Bandung tanggal 1 April beberapa tahun silam. Menyukai buku, music, film, dan berbagai serial drama. Berprofesi sebagai pegawai negri sipil di sebuah lembaga tinggi Negara dan saat ini sedang giat mendalami dunia menulis. Lemon Tea Candy adalah novel romance yang pertama di tulisnya.
3.      Isi Novel
Novel ini bercerita tentang seorang gadis penjual permen dipinggir jalan, bernama Arina. Ketika ia kecil, Arina bertemu seorang anak laki – laki yang memberinya sebuah lemon tea candy. Ketika berjualan permen itu Arina sangat senang dan kenangan masa kecilnya itu memberinya semangat juang yang tak lekang. Sejak kecil Arina sudah bermimpi dapat bekerja di Candy World, sebuah perusahaan permen terbesar yang menciptakan lemon tea candy. Hingga akhirnya ia bertemu Stevan Kim, seorang laki -  laki ajaib yang kata sahabatnya lebih ganteng dari Woo bin.
Setelah pertemuan mereka didalam mobil Stevan Kim, mereka berdua pun menjadi dekat. Dan tak lain laki – laki itulah yang membawa Arina masuk kedalam Candy World. Arina tinggal disebuah rumah kontrakan yang sangat sederhana bersama dengan sahabatnya, Tiara.  Stevan menyadari kegigihan Arina dan juga ia telah mendengar keinginan Arina untuk bekerja di Candy World tersebut, Stevan pun   berpura – pura bahwa bosnya sedang mencari karyawan. Mendengar itu Arina sangat senang dan kemudian ia pun menulis surat lamaran pekerjaan, tapi kata Stevan lamaran tersebut mirip seperti surat cinta. Akhirnya Arina pun di terima dan bekerja di Candy World. Ada juga teman kerja Arina, Aura dan Andrea yang sepertinya tidak suka kepada Arina.
Seiring waktu yang mempertemukan mereka kelamaan mulai muncul rasa antara Arina dan Stevan, tetapi disisi lain Stevan sudah memiliki Maureen, kekasihnya. Arina juga mulai menyadari bahwa Stevan Kim lah laki- laki yang berada dalam masalalunya itu. Tetapi hal itu tak bertahan lama setelah Arina melihat foto yang dipajang di kamar Stevan. Didalam foto itu terdapat dua anak laki laki yang mempunyai wajah yang sama. Dan salah satu dari anak laki – laki yang ada di foto itu ialah kembaran Stevan yang bernama Steven Kim. Arina sedikit kecewa terhadap Stevan karna ia mengira Stevan. 
David dan Tiara merasa ada hal yang berbeda dari diri Arina.  Semenjak mereka tahu bahwa ada kedekatan Arina dengan Stevan Kim, David teman panti yang menyertainya bertumbuh menjadi seorang gadis itu,. Selain itu David ternyata memiliki rasa lebih terhadap Arina, bukan sebagai kakak dan adik ataupun teman. berbohong padanya. Dan ternyata David memiliki penyakit yang lama ia sembunyikan dari Arina, hal ini pun membuat Arina Shock dan sedikit kecewa mengapa sahabatnya tidak memberitahukan padanya. Setelah kematian David, Arina sempat ingin resign dari pekerjaannya karena ada masalah dengan Stevan., namun setelah mengetahui lemon tea candy, permen kesayanganya itu akan di hentikan produksinya.
Arina meminta izin kepada Direktur Kim agar dapat memberikannya kesempatan untuk meningkatkan hasil penjualan kemudian Direktur Kim memberikan izin, Arina segera membentuk tim untuk memperlancar aksinya, namun hasil kerja keras Arina kurang begitu memuaskan sehingga produksi Lemon Tea Candy pun terpaksa di hentikan. Gagalnya target yang di berikan untuk penjualan Lemon Tea Candy akhirnya membuat permen produk pengganti Lemon Tea Candy mulai di produksi.
Malam ini acara peluncuran Strawberry Ginger Candy akan di gelar di salah satu Ballroom hotel bintang lima yang terletk di Jakarta. Aura memebantu arina mempersiapkan dirinya untuk menghadiri pesta terbut. Merasa tidak terlalu nyaman di pesta peluncuran Strawberry Ginger Candy yang menurutnya merupakan pesta pemakaman untuk Lemon Tea Candy, akhirnya Arina mencoba untuk kabur dari pesta namun niatnya ini dipergoki oleh Stevan. Alih – alih ingin mengantarnya pulang stevan malah membawa Arina menuju Candy World dan menyatakan perasaannya pada arina di lantai paling atas gedung itu. Pernyataan perasaan stevan di sambut dengan pelukan hangat arina dn anggukan.
4.      Kelebihan dan Kekurangan Novel.
a.       Kelebihan.
                                                            i.      Penulis mampu membuat pembaca membayangkan setiap kejadian yang ada di dalam novel.
                                                            ii.      Penulis mampu menggambarkan secara jelas tokoh – tokoh yang ada di dalam novel.
                                                          iii.      Tulisan yang digunakan sudah tepat, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
b.      Kekurangan.
                                                              i.      Penulis tidak mencantumkan biodatanya secara lengkap.
                                                            ii.      Akhir cerita mudah di tebak.
                                                          iii.      Gambar pada cover tidak mencerminkan isi novel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar