Senin, 24 Maret 2014

Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah



Beberapa Definisi Metode Ilmiah
1.     Metode ilmiah atau proses ilmiah (bahasa Inggris: scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah. ( Wikipedia ).
2.     Metode ilmiah boleh dikatakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis. Karena ideal dari ilmu adalah untuk memperoleh interelasi yang sistematis dari fakta-fakta, maka metode ilmiah berkehendak untuk mencari jawaban tentang fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kesangsian sistematis. Karena itu, penelitian dan metode ilmiah mempunyai hubungan yang dekat sekali, jika tidak dikatakan sama. Dengan adanya metode ilmiah, pertanyaan-pertanyaan dalam mencari dalil umum akan mudah terjawab, seperti menjawab seberapa jauh, mengapa begitu, apakah benar, dan sebagainya.
Definisi Metode Ilmiah Menurut Para Ahli.
1.     Nasir (1988:51)
Metode penelitian merupakan cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
2.     Sugiyono (2004: 1)
Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
3.     Winarno (1994)
Metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yg teliti dan sistematik.
4.     Muhiddin Sirat (2006)
Metode penelitian adalah suatu cara memilih masalah dan penentuan judul penelitian.
Beberapa Definisi Sikap Ilmiah.
·        Sikap ilmiah adalah suatu sikap yang menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar yang tidak mengenal putus asa serta dengan ketekunan juga keterbukaan.
·        Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuwan atau akademisi ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Sikap ilmiah ini perlu dibiasakan dalam berbagai forum ilmiah, misalnya dalam diskusi, seminar, loka karya, dan penulisan karya ilmiah.
·         
Sikap Ilmiah Menurut Para Ahli.
·        Sikap ilmiah pada dasarnya adalah sikap yang diperlihatkan oleh para Ilmuwan saat mereka melakukan kegiatan sebagai seorang ilmuwan. Dengan perkataan lain  kecendrungan individu  untuk bertindak atau berprilaku  dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah. Baharuddin (1982:34)
·        Sikap ilmiah adalah keadaan mental positif atau negatif yang dipelajari dan disusun melalui tanggapan efektif dari seseorang terhadap orang lain, atau terhadap benda, atau terhadap kejadian. Reid (Gokhale dkk: 2009)
·        Sikap ilmiah mencakup sikap ingin tahu, kerendahan hati, ragu terhadap sesuatu, tekad untuk maju, dan berpikir terbuka. Carin dan Sund (1980: 3)
·        Sikap-sikap ilmiah mencakup keinginan untuk mengetahui dan memahami, bertanya segala sesuatu, mengumpulkan data dan memberi arti berdasarkan data tersebut, menurut verifikasi, berpikir logis,dan mempertimbangkan gagasan-gagasan. Martin,dkk (2005: 17)
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar